Senin, 02 Juli 2012

Pemrograman C#.NET : Membuat Media Player dengan CSharp .NET


Untuk membuat aplikasi Media Player di Visual C# .NET dapat digunakan komponen yang merupakan bawaan dari Windows, yaitu bawaan Windows Media Player. Langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut :

1. Buka Visual Studio. Klik menu File-New-Project. Akan muncul dialog New Project. Pilih Project types : Visual C#-Windows, Templates : Windows Application. Klik OK. Isikan nama project MediaPlayer kemudian pilih direktori tempat dimana project akan disimpan.




2. Akan ditampilkan Form1 yang masih kosong. Buka Toolbox Tab Components, kemudian klik kanan pilih Choose Items untuk menambahkan komponen Media Player yang belum secara default tersedia.


3. Akan ditampilkan dialog Choose Toolbox Items. Pilih Tab COM Components, kemudian pilih Windows Media Player dengan cara check pada checkbox di depan nama komponen. Kemudian klik OK.


4. Kemudian komponen Windows Media Player akan secara otomatis ditambahkan pada Toolbox.


5. Dari Toolbox Tab Components tambahkan komponen Windows Media Player ke Form1. Kemudian tambahkan 6 buah komponen Button ke Form1, 1 buah komponen TextBox ke Form1, 1 buah komponen OpenDialog ke Form1 dan tambahkan 1 buah komponen CheckBox ke Form1. Ubah nama Form1 menjadi FPlayer, kemudian nama komponen Windows Media Player menjadi Mplayer, Button menjadi bPlay, bStop, bUp, bLow, bBrowse, dan bExit Browser. Ubah name dari TextBox menjadi tPath, OpenDialog menjadi oDg dan CheckBox menjadi cMute. Sehingga tampak seperti pada tampilan berikut ini :


6. Klik dua kali pada Button bBrowse, akan ditampilkan kode program FPlayer.cs milik FPlayer. Pada event procedure private void bBrowse_Click tambahkan kode program berikut ini :

private void bBrowse_Click(object sender, EventArgs e)
{
if (oDg.ShowDialog() == DialogResult.OK)
{
tPath.Text = oDg.FileName;
}
else
{
tPath.Text = "";
}
}

7. Kemudian klik dua kali pada bPlay dan berturut-turut selanjutnya bStop, bUp, bLow dan bExit. Tambahkan kode program berikut ini pada event-event-nya :

private void bPlay_Click(object sender, EventArgs e)
{
MPlayer.URL = tPath.Text;
}

private void bStop_Click(object sender, EventArgs e)
{
MPlayer.close();
}

private void bUp_Click(object sender, EventArgs e)
{
MPlayer.settings.volume = MPlayer.settings.volume + 1;
}

private void bLow_Click(object sender, EventArgs e)
{
MPlayer.settings.volume = MPlayer.settings.volume - 1;
}

private void bExit_Click(object sender, EventArgs e)
{
this.Close();
}

8. Klik dua kali pada checkbox cMute, akan ditampilkan kode program FPlayer.vb milik FPlayer. Pada event procedure Private Sub cMute_CheckedChanged tambahkan kode program berikut ini :

private void cMute_CheckedChanged(object sender, EventArgs e)
{
MPlayer.settings.mute = cMute.Checked;
}

9. Untuk menjalankan program klik menu Debug-Start Debugging (F5). Kemudian klik tombol ”Browse”, akan muncul kotak dialog Open File, coba pilih sebuah file video (*.dat atau *.mpg) atau file musik (*.mp3). Kemudian klik ”Play”, maka file tersebut akan diputer pada Media Player. Untuk menghentikan klik ”Stop”. Untuk mengecilkan volume klik dua buah tombol volume yang tersedia, untuk menghilangkan suara (”mute”) klik checkbox ”Mute”.