Minggu, 23 Juni 2013

Membuat HP Android Menjadi Wireless WebCam Diakses Di Laptop / PC

Membuat HP Android Menjadi Wireless WebCam Diakses Di Laptop / PCMembuat HP Android Menjadi Wireless WebCam Diakses Di Laptop / PC sangat-sangat menarik dan bermanfaat hehe ^_^ Asal jangan digunakan saja untuk kejahatan. Cara ini mampu membuat Perangkat Android anda menjadi WebCam dan dapat diakses dari Laptop / PC via Wireless LAN.

Install saja aplikasi IP WebCam di Handphone atau Tablet Android Anda, Gratis. Silakan klik link berikut dari Piranti Android kemudian Install. Atau dari Google Play di Android anda search dengan kata kunci "IP WebCam"

Setelah itu jalankan aplikasi. Kemudian silakan diubah setting-settingnya sesuai selera dan kemampuan device Android anda.




Setelah selesai klik pilihan paling bawah, Start Server


Maka akan ditampilkan tampilan Camera sedang berjalan :


Langkah berikutnya agar bisa terkoneksi dengan PC atau Laptop, di Perangkat Android buka dahulu Settings - Wireless and Network.


Kemudian buka Tethering and Portable Hotspot, aktifkan Mobile AP


Kedua, dari Komputer PC atau Laptop, aktifkan koneksi Wifi ke Device Android yang telah diaktifkan Tethering / Portable Hostspot-nya.


Kemudian buka Command Prompt DOS, Klik Start-Run, ketik cmd, Enter.
Ketikkan perintah ipconfig, hasilnya akan didapatkan IP Address Default Gateway dari Laptop / PC Anda, yang berarti adalah IP Address dari Handphone / Tablet yang anda gunakan :


Setelah itu buka browser, ketikkan alamat URL berikut ini sesuai dengan IP Address Piranti Android :
http://<ip address android>:<setting port>, defaultnya port 8080. Misal http://192.168.43.150:8080 akan ditampilkan halaman berikut :


Pilih pilihan "Use browser built-in viewer (not supported by some browsers)" dan Browser yang Digunakan Harus Google Chrome atau Mozilla Firefox, hasilnya :


Membuat HP Android Menjadi Wireless WebCam Diakses Di Laptop / PC

Sangat-sangat berguna, tapi ingat, jangan digunakan untuk kejahatan atau hal yang tidak baik. Pengetahuan seperti pedang bermata dua, jika anda tidak bisa menggunakan untuk kebaikan, maka sebaiknya jangan gunakan, tinggalkan saja. Menggunakan pengetahuan selain untuk kebaikan sama saja anda merusak diri anda sendiri dan masa depan anda :)

Silahkan download program android IP WebCam dari GooglePlay. Sedangkan File APK ini adalah koleksi pribadi pengguna, tidak untuk dishare secara publik.

Semoga berguna. :)

1 komentar: