Jumat, 29 Juni 2012

Pemrograman C#.NET : Mengendalikan Kamera, Foto, Capture, Merekam Video Menggunakan C#.NET

Kamera Video beberapa tahun terakhir semakin banyak penggunaannya, untuk Web Cam, untuk Security Camera dan sebagainya. Karena penggunaan yang pesat itulah maka interface dan protokol nya semakin terstandarisasi, artinya asal sebuah kamera telah diinstal driver di Windows, maka hampir semua software yang menggunakan kamera langsung dapat mengenalinya, misalnya Yahoo Messenger, pasti bisa mengenali kamera baik yang ada di laptop, PC maupun eksternal camera (web cam).

Nah ide pun mulai muncul. Bagaimana membuat program menggunakan bahasa pemrograman desktop, dalam hal ini Visual Basic .NET atau C# .NET untuk memakai kamera tersebut. Baik untuk memfoto (capture) atau rekam video, bahkan ada juga keinginan untuk membuat fasilitas Motion Detection (deteksi gerakan).

Sekitar setahun yang lalu penulis ditunjukkan oleh teman dan diajak membantu membuat aplikasi untuk mengcapture gambar menggunakan webcam secara otomatis menggunakan program, kemudian hasil dari foto tersebut dikirim secara attachment via email, dan syukurlah berhasil. Kemudian program itu pun dikendalikan menggunakan SMS dengan SMS Gateway.

Tapi project itu terlalu rumit dan panjang untuk dituliskan di satu tulisan ini, yang penulis ingin share terlebih dahulu adalah sumber yang dikembangkan penulis sehingga berhasil membuat program tersebut adalah dari sebuah Project Open Source bernama iSpy, websitenya bernama iSpyConnect.com :

http://www.ispyconnect.com/

Source Code nya dalam bahasa C#.NET dan formatnya harus dibuka di Visual Studio 2010, bisa didownload di link di bawah ini :

http://www.ispyconnect.com/source.aspx

Di Bawah ini link source code project versi agak lama yang bisa running (berjalan), koleksi penulis pribadi (private). Maaf hanya bisa didownload penulis. Jika menginginkan bisa mendownload menggunakan link diatas

https://docs.google.com/open?id=0B4i1FYc_4RXzMEdfWHN3ZGJVdW8

Semoga bermanfaat