Jumat, 17 Agustus 2012

Report Java dengan JasperReport iReport

Untuk membuat Report pada Bahasa Pemrograman Java yang paling Populer adalah dengan JasperReport iReport. Software untuk membuat Report tersebut dapat anda download secara gratis di sini.

Setelah terinstall kita buat Report langkah demi langkah :

1. Buka iReport, kemudian klik Data Source Connection :


2. Setelah tampil Dialog Connection / Dataseurces, kemudian klik New :




3. Pilih Tipe Datasource, misalnya yang paling atas, JDBC Connection :


4. Masukkan nama Data Source Connection, kemudian pilih Driver yang diinginkan, misalnya kita pakai Database MySQL jadi pillih MySQL Driver (com.mysql.jdbc.Driver. Kemudian isikan URL ke Databasenya dan User Password, misalnya seperti di bawah ini. Klik Next :


5. Kemudian untuk membuat Report baru, klik File-New. 


6. Kemudian pilih desain report yang diinginkan misal Blank A4, klik Launch Report Wizard :


7. Masukkan nama Report, kemudian pilih Lokasi penyimpan file report, klik Next :


8. Pilih Connection / DataSources yang tadi telah dibuat. Kemudian masukkan Query (SQL) nya, bisa dengan memilih Design Query  :


9. Untuk menggenerate SQL secara otomatis, klik salah satu Tabel, beri tanda check pada kolom / field yang ingin diikut sertakan, klik OK :


10. Pindahkan ke kanan semua Field/Kolom yang ingin disertakan :


11. Jika ingin menggunakan Group By, silakan pilih kolom yang akan digunakan untuk Group By, jika tidak langsung klik Next :


1. Selesai, klik Finish :


12. Kemudian pada Report Inspector, bagian Tree Fields, pilih Drag Drop satu persatu ke dalam Desain Report bagian Detail,sehingga tampak seperti berikut. Tambahkan Static Text pada Footer (Judul)


 13. Pada Report Inspector, klik kanan Nama Report yang telah dibuat, pilih Compile untuk Buka iReport, kemudian klik New Data Source Connection :


Setelah Report dicompile, maka Report siap digunakan pada Aplikasi Desktop Java maupun Aplikasi Web JSP. Kita bahas pada artikel selanjutnya.

Semoga bermanfaat.