Jumat, 05 Juli 2013

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Metode TOPSIS dengan Excel Spreadsheet

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Metode TOPSIS dengan Excel SpreadsheetSistem Pendukung Keputusan (SPK) Metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) dengan Excel Spreadsheet adalah Algoritma Sistem Cerdas yang sangat populer di kalangan Akademisi / Mahasiswa di Jurusan Teknik Informatika / Ilmu Komputer seperti halnya SPK dengan Metode WP (Weighted Product) yang pernah kita bahas.

Teori tentang Algoritma SPK dengan Metode TOPSIS ini penulis buatkan dalam bentuk Excel / Spreadsheet sehingga dapat dipelajari cara menghitungnya di Formula yang ada di dokumen Microsoft Excel tersebut. Untuk teorinya mohon dicari sendiri karena penulis memang tidak bisa terlalu mahir dalam menjelaskan Teori TOPSIS ini.

Berikut ini tampilan SPK dengan Metode TOPSIS di Excel / Spreadsheet:


Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Metode TOPSIS dengan Excel Spreadsheet

Sedangkan Excel Spreadsheet dalam format Microsoft Excel *.xlsx bisa diwonload disini, jika kesulitan bisa melihat caranya download seperti ini..

Atau anda bisa download langsung dari sumbernya di http://contohprogram.com, jika membutuhkan implementasi dalam bahasa pemrograman bisa coba dicari di ContohProgram.com

Semoga jelas dan bermanfaat.

Penulis tidak bertanggungjawab atas kebenaran rumus atau teori ini, silahkan langsung melihat ke Buku Referensi atau Penemu Rumus ini secara langsung.

Disclaimer ON ^_^

2 komentar: