Kamis, 30 Agustus 2012

Membangun Web JSP dengan Dreamweaver Wizard (Pemrograman Web JSP)

Setalab Berhasil Membuat Web PHP dengan Dreamweaver Wizard, ternyata Dreamweaver juga Mampu Digunakan Untuk Membuat Web JSP Secara Kilat dengan Dreamweaver JSP Wizard. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Jalankan Dreamweaver, kalau bisa dengan klik Kanan Run As Administrator. Karena jika kita menggunakan Apache Tomcat, biasanya lokasinya di Drive C:\ Sedangkan untuk menulis file di Drive C:\Program Files membutuhkan Permission Administrator.


Buat dahulu New Site, dengan klik Menu Site- New Site




Kemudian konfigurasi Site nya seperti di bawah ini :


Pilih Server Technology JSP


Pilih edit and test locally, arahkan ke folder web di tempat anda Menginstall Apache Tomcat, biasanya di C:\Program Files\Apache Foundation\Apache Tomcat\webroot\ROOT\<namaweb>


Masukkan URL web, Test


Pilih No, klik Next


Klik Done


Akan ditampilkan Dreamweaver dengan setting Site yang sudah kita buat.


Untuk Database kita gunakan MySQL, kita Setting Dahulu Koneksi Database MySQL dengan MyODBC. Install Dahulu Database MySQL atau XAMPP, dapat didownload secara gratis disini. Kemudian Install juga   Driver MyODBC yang dapat didownload secara gratis disini. Buka Start-Control Panel.


Setelah itu Buka System and Security - Administration Tools - Data Sources (ODBC). Setelah muncul Windos ODBC Data Source Administrator klik Add.


Setelah muncul Windos ODBC Data Source Administrator klik Add.


Pilih Drivernya MySQL ODBC Driver


Masukkan setting Database nya seperti yang telah anda buat di Database MySQL, misal seperti di bawah ini, klik Test, kemudian OK :


Kembali ke Dreamweaver, klik File New - JSP. Kemudian beri nama, misalnya datadokter.jsp. Kemudian pada Bagian Sebelah Kanan, Application - Tab Database, klik Tombol +, pilih SUN JDBC -ODBC Driver (ODBC Database).


Masukkan setting koneksi Database seperti di bawah ini, Klik Test, Klik OK


Setelah selesai membuat klik sebelah kanan Application, Tab Bindings, klik Tombol +, pilih Recordset (Query)


Masukkan parameter seperti di bawah ini. Beri nama recordset, pilih Koneksi yang telah dibuat. pilih Tabel di Database, Pilih Sorting (pengurutan). Klik Test. Klik OK


Setelah selesai akan tampil Kode Program yang digenerate di antara HTML. Setelah itu dari Tab Insert, pilih  Data pilih Dynamic Table.


Pilih Recordset yang Telah Dibuat, masukkan Jumlah Baris per Halaman. Klik OK


Hasilnya akan digenerate Tabel berisi kode program yang akan menampilkan Data dari Tabel Database


Kemudian kita tambahkan Recordset Navigation. Dengan Cara klik Tab Insert, Data, Recordset Navigation Bar.


Pilih tipe Recordset Navigation, misalnya Bertipe Text. Klik OK


Akan muncul Navigation untuk Bergerak ke Halaman Berikutnya.


Kemudian kita Tambahkan Record Navigation Status untuk mengetahui Kita sedang di Halaman Berapa. Yaitu dengan cara klik Tab Insert, Data, Record Navigation Status


Pilih Recordset. Klik OK


Hasilnya Sebagai berikut :


Jalankan di browser dengan mengakses URL web JSP di Komputer Anda, misalnya : http://localhost:8080/webrs/datadokter.jsp. Atau dengan Tekan F12.

Project selengkapnya dapat didownload disini. Setelah Masuk Google Docs, klik File Download.

Semoga berguna.