Senin, 18 Juni 2012

Database : Export Import, Transfer Data MS Access dan MySQL

Ekspor Impor Data dari Access ke MySQL

Untuk mentransfer data dari Access ke MySQL dapat dilakukan dengan cara mengeset terlebih dahulu Data Source pad ODBC agar terhubung ke database tujuan pada MySQL. Klik Start – Control Panel, pilih Administrative Tools – Data Source (ODBC) pada Classic View. Sedangkan pada Category View pilih Performance and Maintenance - Administrative Tools – Data Source (ODBC). Setelah muncul Dialog Data Source ODBC Administrator, pilih Tab System DSN, klik Add. Selanjutnya pada Dialog Create New Data Source pilih MySQL ODBC 3.51 Driver. Klik Finish. Kemudian beri nama Data Source nya dan masukkan lokasi Server/Hostname, masukkan Database Name, User, dan Password. Klik OK.


Setelah selesai maka akan muncul nama Data Source yang telah diset pada daftar di System DSN. Klik OK.
Buka database Access yang akan ditransfer, pada Tables klik kanan nama Table yang akan ditransfer, kemudian pilih Export.


Pada Dialog Export Table To.. pilih Save As Type - ODBC Databases.
Pada Dialog Select Data Source pilih Tab Machine Data Source dan pilih nama Data Source dari database MySQL tujuan. Klik OK.
Pada Dialog Export pilih nama Table pada Database tujuan. Klik OK.

Ekspor Impor Data dari MySQL ke Access

Untuk mentransfer data sebaliknya yaitu dari MySQL ke Access dapat dilakukan dengan cara mengeset terlebih dahulu Data Source pad ODBC agar terhubung ke database asal pada MySQL seperti halnya pada langkah di atas. Kemudian buka database Access dimana data akan diimport, pada Tables klik kemudian pilih Import.


Pada Dialog Import pilih Files of type – ODBC Databases.
Pada Dialog Select Data Source pilih Tab Machine Data Source dan pilih nama Data Source dari database SQLServer yang akan diimport. Klik OK.
Kemudian pada Dialog Login masukkan Login ID dan Password. Klik OK

Pada Dialog Import Object pilih nama table-table pada Database asal yang akan diimport. Klik OK.