Senin, 04 Juni 2012

Database SQLServer : Backup dan Attach File Database MDF LDF SQLServer

Backup File Database SQL Server dapat dilakukan dengan cara :

1. Hentikan Service SQLServer dengan cara klik Start-All Programs-Microsoft SQL Server-Configuration Tools-SQL Server Configuration Manager, Klik kanan Run As Administrator. Pada SQL Server Service, Klik kanan Service yang diinginkan, misalnya SQLEXPRESS, pilih Stop

2.Buka Windows Explorer, Arahkan ke C:\Program Files\Microsoft SQL Server\MSSQL.1\MSSQL\Data, kemudian copy file database yang diinginkan misal : Perpus.MDF dan Perpus.LDF, simpan data tersebut.

3. Kembali ke SQL Server Configuration Manager, Klik kanan Service yang diinginkan, misalnya SQLEXPRESS, pilih Start. SQL Server berjalan lagi dan dapat digunakan seperti biasa.


Sedangkan untuk mengembalikan, Attach (Restore) File Database SQL Server dapat dilakukan dengan cara :

1. Buka SQL Server Management Studio dengan cara  klik Start-All Programs-Microsoft SQL Server-SQL Server Management Studio Express, Klik kanan Run As Administrator.

2. Lihat dahulu apakah ada database yang mempunyai nama sama dengan database yang akan di-attach (restore), jika ada database tersebut harus dihapus (tidak bisa hanya di-rename).

3. Buka Windows Explorer, Copy file MDF dan LDF yang akan diattach, klik kanan Copy. Kemudian arahkan ke C:\Program Files\Microsoft SQL Server\MSSQL.1\MSSQL\Data, kemudian Paste (Masukkan) file database MDF dan LDF tersebut.

4. Kembali ke SQL Server Management Studio Express, pada Objek Explorer sebelah kiri, klik kanan Attach akan keluar Window Attach Database, Klik Add, pilih file database MDF yang tadi sudah dimasukkan ke direktori  C:\Program Files\Microsoft SQL Server\MSSQL.1\MSSQL\Data, kemudian klik OK. Selesai