Kamis, 27 Juni 2013

Membuat Google Custom Search pada Web atau Blog

Membuat Google Custom Search pada Web atau Blog BlogspotMembuat Google Custom Search pada Web atau Blog sangat penting untuk dilakukan, karena search engine ini cukup akurat untuk mencari suatu keyword khusus untuk mencari dalam suatu web atau suatu blog.

Seperti sudah sering kita pakai Search Artikel milik Blogspot di sebelah kiri atas Blog ini, ternyata hasil pencariannya tidak terlalu akurat, kadang bisa mencari artikel yang dituju, kadang bahkan ketika koneksi agak lambat tidak bisa mencari sama sekali. Solusinya kita sediakan juga Google Custom Search Box di Blog ini.

Caranya seperti ini, buka Google Custom Search Engine. Kemudian login dengan Google Account anda, setelah itu klik New Search Engine. Kemudian masukkan URL Web di input Site to Search, dan pilih bahasa di input Language. Setelah selesai klik Create :



Membuat Google Custom Search pada Web atau Blog New Search Engine

Setelah itu, klik Get Code, jika tidak ada, coba klik Edit Search Engine, pilih search engine yang tadi anda buat, kemudian klik Get Code, blok atau seleksi semua kode Javascript-nya, kemudian klik kanan Copy :

Membuat Google Custom Search pada Web atau Blog Get Code

Jika anda ingin memasukkan Google Custom Search ini pada Web, maka masukkan di kode HTML-nya. Jika ingin memasukkan Google Custom Search di Blog, misalnya Blogspot. Maka buka di Tata Letak / Page Element :

Membuat Google Custom Search pada Web atau Blog Tata Letak

Kemudian klik Add Gadget di lokasi yang anda ingikan, pilih tipenya HTML/Javascript. Kemudian Copy Code dari Get Code pada Google Custom Search, paste di dalam Gadget :

Membuat Google Custom Search pada Web atau Blog Blogspot Add Gadget

Hasilnya :

Membuat Google Custom Search pada Web atau Blog Blogspot

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar