Sabtu, 28 April 2012

Membuat Laporan Crystal Report dengan C#.NET


Crystal Report
Komponen yang digunakan secara default pada Microsoft Visual Studio 2005/2008 adalah komponen Crystal Report. Keuntungan penggunaan Crystal Report adalah pada kemudahan perancangan report untuk mendapatkan report yang menarik tidak seperti saat kita melakukan pencetakan secara manual.
Untuk menambahkan report baru menggunakan Crystal Report, klik Project – Add New Item. Pada Dialog Add New Item, pilih Crystal Report, beri nama file dengan nama yang diinginkan, kemudian klik OK.

 

Kemudian akan dimunculkan dialog Crystal Report Gallery, pilih As a Blank Report. Klik OK. Setelah itu akan dimunculkan tampilan Crystal Report yang masih kosong. Pada Window Field Explorer, klik kanan Database Field, pilih Database Expert.
 

Pada Dialog Database Expert pilih Project Data atau Current Connections untuk memilih koneksi yang pernah diset pada Project, atau pilih Create New Connection untuk membuat koneksi baru, pilih tipe koneksi yang diinginkan. Pilih OLEDB (ADO).
Kemudian akan muncul dialog untuk memilih jenis database dan lokasi file/server nya. Setelah terhubung akan tampak seperti tampilan berikut ini. Masukkan table yang diinginkan, kemudian klik OK.


Kemudian dari window Field Explorer klik dan drag/tarik kolom ke arah Report yang masih kosong. Akan tampil seperti di bawah ini.


Tambahkan Form lagi dengan cara klik Project – Add Windows Form, beri nama dan klik OK. Pada Form yang baru tersebut tambahkan komponen Crystal Report Viewer dari Toolbox Tab Crystal Report. Kemudian ubah properti Modifiers milik crystalReportViewer1 menjadi Public, agar dapat diakses dari Form1.


Kemudian dari Form pertama tambahkan satu buah komponen Button. Klik dua kali, pada event private void bPrint_Click() tambahkan kode program berikut ini :

        private void bPrint_Click(object sender, EventArgs e)
        {
                  CrystalReport1 aRpt = new CrystalReport1();
                  aRpt.SetDataSource(ds);
                  Form2 F2 = new Form2();
                  F2.crystalReportViewer1.ReportSource = aRpt;
                  F2.Show();
        }

Untuk menjalankan program klik Debug – Start Debugging. Kemudian klik Button Print, akan tampil hasil dari Crystal Report sebagai berikut :