Rabu, 11 Juni 2014

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Metode AHP (Analytic Hierarchy Process) dengan Excel Spreadsheet

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Metode AHP (Analytic Hierarchy Process) dengan Excel Spreadsheet adalah salah satu Algoritma Sistem Cerdas yang sering dipakai di kalangan Akademisi / Mahasiswa di Teknik Informatika dan Ilmu Komputer seperti halnya SPK dengan Metode TOPSIS dan SPK dengan Metode SAW, yang pernah dibahas sebelumnya.

Teori tentang Algoritma SPK dengan Metode AHP ini penulis buatk dalam bentuk Excel / Spreadsheet sehingga mudah dipelajari cara menghitung rumusnya di Formula yang ada di dokumen Microsoft Excel. Untuk teorinya mohon dicari sendiri karena penulis memang tidak bisa terlalu mahir dalam menjelaskan Teori AHP ini.

Berikut ini tampilan SPK dengan Metode AHP di Spreadsheet Excel:


Sedangkan Excel Spreadsheet dalam format Microsoft Excel *.xls bisa didapatkan di http://contohprogram.com, bisa didownload disini, jika membutuhkan implementasi dalam bahasa pemrograman silakan dicari di ContohProgram.com semoga berhasil memperlajarinya.

Semoga jelas dan bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Seperti halnya algoritma SPK yang lain,penulis tidak bertanggungjawab atas kebenaran rumus atau teori ini, silahkan langsung melihat ke Buku Referensi atau Penemu Rumus ini secara langsung.

Disclaimer ON :D

3 komentar:

  1. Olah Data Analytical Hierarchy Process (AHP) Dengan Expert Choice 11
    WhatsApp : +6285227746673
    IG : @olahdatasemarang
    Website : http://biro-jasa-spss.blogspot.co.id
    Terdaftar Di Google Map Dengan Nama Olah Data Semarang

    BalasHapus