Kamis, 13 November 2014

Sistem Pakar Metode Certainty Factor (CF) dengan Excel Spreadsheet

Sistem Pakar Metode Certainty Factor (CF) dengan Excel Spreadsheet juga merupakan Algoritma Sistem Cerdas yang terkenal dipakai di kalangan Mahasiswa dan Akademisi di Teknik Informatika dan Ilmu Komputer seperti halnya SPK dengan Metode AHP, SPK dengan Metode TOPSIS dan SPK dengan Metode SAW, dan lain sebagainya.

Teori tentang Algoritma Sistem Pakar dengan Metode CF (Certainty Factor) ini penulis buatkan dalam bentuk Excel / Spreadsheet sehingga mudah dipelajari cara menghitung rumusnya di Formula yang ada di dokumen Microsoft Excel. Sedangkan teorinya mohon dicari atau dipelajari sendiri.

Berikut ini tampilan Sistem Pakar dengan Metode Certainty Factor di Spreadsheet Excel:



Sedangkan Excel Spreadsheet dalam format Microsoft Excel *.xls bisa didapatkan di http://contohprogram.com, bisa didownload disini, jika membutuhkan implementasi dalam bahasa pemrograman silakan dicari di ContohProgram.com semoga berhasil memperlajarinya.

Semoga jelas dan berguna bagi yang membutuhkan untuk memahami teori ini.

Seperti halnya algoritma SistemPakar dan SPK yang lain,penulis tidak bertanggungjawab atas kebenaran rumus atau teori ini, silahkan langsung melihat ke Buku Referensi atau Penemu Rumus ini secara langsung.

Disclaimer ON :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar