Senin, 09 Februari 2015

Script PHP untuk Menggenerate Barcode Image pada Halaman Web

Script PHP untuk Menggenerate Barcode Image pada Halaman Web dapat dibuat menggunakan library BarCode Coder, seperti halnya pada artikel sebelumnya yaitu Menampilkan QR Code pada Halaman Web dengan Script PHP. Penggunaan Barcode sudah sangat luas, seperti di supermarket, perpustakaan, inventarisasi dan lain sebagainya, karena barcode membuat identifikasi suatu barang menjadi praktis karena sifatnya yang ringkas, dapat dibaca berbagai mesin yang kompatibel dan mudah ditempelkan pada suatu benda atau buku. Perbedaannya dengan tulisan atau huruf adalah ukuran barcode relatif tidak berpengaruh banyak terhadap pembacaan id barang tersebut menggunakan mesin barcode reader, tidak seperti tulisan yang jika terlalu besar atau kecil maka akan sulit terbaca.


Library BarCode Coder dapat anda download disini. Kemudian buatlah file PHP dalam hal ini penulis membuat dengan nama php-barcode-generator.php, kemudian letakkan direktori berisi BarCode Coder Library pada folder yang sama dengan script php tersebut. Tuliskan source code berikut ini pada file php-barcode-generator.php :

<?php include('php-barcode/php-barcode.php'); //http://cariprogram.blogspot.com //nuramijaya@gmail.com $fontSize = 10; // GD1 in px ; GD2 in point $marge = 10; // between barcode and hri in pixel $x = 125; // barcode center $y = 125; // barcode center $height = 50; // barcode height in 1D ; module size in 2D $width = 2; // barcode height in 1D ; not use in 2D $angle = 0; // rotation in degrees $code = '1234'; // barcode, of course ;) $type = 'code39'; $im = imagecreatetruecolor(300, 300); $black = ImageColorAllocate($im,0x00,0x00,0x00); $white = ImageColorAllocate($im,0xff,0xff,0xff); imagefilledrectangle($im, 0, 0, 300, 300, $white); $data = Barcode::gd($im, $black, $x, $y, $angle, $type, array('code'=>$code), $width, $height); header('Content-type: image/png'); //imagepng($im, "barcode.png"); imagepng($im); imagedestroy($im); ?>

Kemudian silakan ditampilkan pada web browser, hasilnya seperti ini :


Project selengkapnya silakan anda download disini.

Selamat Mencoba, semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar