Rabu, 03 Februari 2016

Cara Setting Project Database Visual Basic .NET dengan Microsoft Access Berjalan di Windows 64bit

Cara Setting Project Database Visual Basic .NET dengan Microsoft Access Berjalan di Windows 64bit
Cara Setting Project Database Visual Basic .NET dengan Microsoft Access Berjalan di Windows 64bit | Jika kita membuat project database menggunakan VB.NET dan MS Access pada Windows XP dan Windows 7 32bit, maka dapat berjalan dengan normal. Tetapi ketika kita jalankan project tersebut pada Windows 7 64bit, atau kadang terjadi juga di Windows 8 dan Windows 10, maka akan muncul error "Microsoft.ACE.OLEDB.12.0 Provider is not registered on the local machine" atau "Microsoft.Jet.OLEDB.4.0' provider is not registered on the local machine". Kenapa hal ini terjadi? Karena Driver MS Access versi 64 bit memang tidak terinstall secara otomatis di Windows tersebut. Sebenarnya kita bisa menginstall patch agar dapat menginstall Driver tersebut, tetapi tentu saja tidak semudah itu, karena ada kendala berbagai versi Windows dan Service Pack membutuhkan patch yang berlainan, sehingga penulis memilih mengubah setting Project Database VB.NET agar bisa berjalan tanpa harus menginstall Patch Driver MS Access 64 bit.

Cara Setting Project VB.NET Access 64bit



Caranya, di Visual Studio buka project Database menggunakan Microsoft Access yang akan dijalankan, klik Menu Build-Configuration Manager..

Cara Setting Project Database Visual Basic .NET dengan Microsoft Access Berjalan di Windows 64bit Klik Menu Build Configuration Manager


Kemudian setelah muncul dialog Configuration Manager, klik pada pilihan Platform, pilih <New..>

Cara Setting Project Database Visual Basic .NET dengan Microsoft Access Berjalan di Windows 64bit Dialog Platform New


Setelah muncul dialog pilihan New Project Platform, maka pilih New Platform : x86. Centang (check) Create new solution platforms. Klik OK, kemudian Klik Close.

Cara Setting Project Database Visual Basic .NET dengan Microsoft Access Berjalan di Windows 64bit Dialog New Platform x86

Hasilnya pada Toolbar akan tampak platform default yang akan menjadi target Compile Project adalah x86.

 alt=

Jalankan project seperti biasa, klik Debug - Run, maka Project Visual Basic .NET dan MS Acces dapat berjalan dengan normal di Windows 64bit.

Kesimpulan



Setting untuk mengubah Project VB.NET agar berjalan di 64bit dengan cara mengubah target Platform ke x86 (32bit) ini sangat efektif sebagai solusi agar Project Database VB.NET dengan MS Access bisa berjalan di Sistem Operasi Windows 64bit, karena belum tentu Komputer Client atau Pengguna yang akan menginstall aplikasi ini mempunyai atau sudah menginstall Driver MS Access 64bit. Tentu saja cara ini tidak boleh digunakan sebagai cara yang paling benar, anda bisa meriset, mencari-cari atau mencoba cara lain yang lebih tepat.

Semoga berhasil.. ^_^

1 komentar:

  1. kenapa ya punya saya tidak ada confiure manager dalam menu Build

    BalasHapus