Kamis, 03 Januari 2019

Data Mining Metode Self Organizing Map (SOM) Dengan Excel Spreadsheet

Data Mining Metode Self Organizing Map (SOM) Dengan Excel Spreadsheet | Data Mining ini mempunyai kegunaan yang sama dengan Data Mining Metode K-Means dan Fuzzy C-Means, yaitu untuk mengelompokkan sekumpulan data menjadi beberapa buah kategori kumpulan data yang sejenis sesuai dengan jumlah cluster yang dibutuhkan. Misalnya data produk, data nasabah atau data konsumen hendak dibagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan sifat yang sama, tetapi mempunyai kriteria yang terlalu beragam, maka Data Mining Metode Self Organizing Map (SOM) dapat membantu mengkelompokkan data tersebut menjadi kelompok data (cluster) sejumlah yang ingin dicari. Data Mining Metode SOM dengan Excel Spreadsheet ini merupakan salah satu metode atau algoritma data mining yang sering dipelajari dan digunakan oleh Mahasiswa di Teknik Informatika dan Komputer.



Teori dan contoh perhitungan Algoritma Data Mining SOM ini penulis buatkan dalam bentuk Excel / Spreadsheet sehingga mudah dipelajari dan dipahami cara menghitung rumusnya di Formula yang ada di dokumen Microsoft Excel. Untuk iterasinya juga penulis buatkan sampai ketemu, pada contoh ini sekitar 19 iterasi. Untuk teorinya mohon dicari sendiri di Buku atau Referensi di Internet.

Berikut ini tampilan Data Mining dengan Metode Self Organizing Map (SOM) di Spreadsheet Excel:

Self organizing Map Excel Spreadsheet, Proses Iterasi


File Excel Spreadsheet dalam format Microsoft Excel *.xls ini kompatibel dengan berbagai software Spreadsheet termasuk Excel terbaru *.xlsx dan WPS Spreadsheet. File ini bisa didapatkan di http://contohprogram.com, silakan didownload disini, jika membutuhkan implementasinya dalam berbagai bahasa pemrograman misalnya PHP, Python, Java dan VB.NET silakan dicari di ContohProgram.com.

Demo Aplikasi Data Mining Self Organizing Map (SOM) dalam Bahasa Pemrograman PHP dan MySQL bisa dilihat disini bagi yang membutuhkan.

Semoga rumus ini mudah dipahami dan berguna bagi yang membutuhkan.

Self organizing Map Excel Spreadsheet, Hasil Perhitungan


Seperti halnya algoritma SPK, Sistem Pakar, Data Mining, dan JST yang lain,penulis tidak bertanggungjawab atas kebenaran rumus atau teori ini, silahkan langsung melihat ke Buku Referensi atau Penemu Rumus Data Mining ini secara langsung.

Disclaimer ON :)

1 komentar:

  1. Thank you for sharing our information.

    Jewellery By Mitali Jain is the best website to buy artificial jewellery online and Jain Jewellery in Jaipur. They sell fancy and attractive products like Earrings, Rings, Necklaces, Headgears, Bracelets, Mask and Glass Chains, Bookmark Jewellery, Gift Cards and many more items like this. And also checkout our new collections Summer Luna Collection and Holy Mess Collection

    BalasHapus