Kamis, 10 Mei 2012

Cara Membuat Aplikasi dengan Google AppInventor (Versi Lama)


Membuat Aplikasi Google AppInventor

*) Catatan : Tulisan ini menggunakan Google AppInventor versi lama yang telah ditutup oleh Google. Saat ini AppInventor sudah berganti nama dengan MIT AppInventor dan pidah ke Website http://www.appinventor.mit.edu. Penulis ingin membahas cara penggunaannya di tulisan yang lain.

Mendaftar Google AppInventor  

Google mempunyai sebuah software berbasis online untuk membuat aplikasi Android bernama Google AppInventor. Dengan software ini kita bisa membuat aplikasi Android dengan klik dan drag-drop saja tidak perlu menuliskan kode program. Agar kita dapat menggunakan software ini harus memiliki login Google/Gmail, kemudian mendaftar di http://appinventorbeta.com/.


Kemudian kita harus mendownload aplikasi untuk diinstal di PC/Notebook kita.



Klik Next

Klik I  Agree.


Pilih lokasi untuk menempatkan program, kemudian klik Next.


Klik Install, Tunggu hingga instalasi selesai


Kemudian masuk ke http://appinventorbeta.com kemudian login. Setelah lodin kita bisa membuat Project Baru dengan cara klik New Project, kemudian beri nama. Dan kita bisa langsung merancang tampilannya dengan drag-drop komponen visual yang ada.



Kemudian klik Open the Block Editor. Maka AppInventor akan memanggil aplikasi mendownload data project ke PC/Notebook kita dan menjalankan aplikasi AppInventor yang terinstal di PC/Notebook. Tunggu beberapa saat.


Kemudian akam muncul Code Block Editor yang dapat digunakan untuk menyusun kode program secara visual dengan drag-drop tanpa perlu menulis kode program. Setelah selesai klik pilihan Connect to Device.




Apabila kita telah memiliki HP Android yang terhubung ke PC, maka akan langsung terdeteksi di pilihan.



Kemudian pilih Package to Phone, pilih Download to Connected Phone atau Download to Computer. Apabila HP kita telah terhubung, misalnya HP Samsung Android dan sudah menginstal driver (dalam hal ini Samsung KIES) maka kita bisa langsung pilih Download to Connected Phone, maka aplikasi tersebut akan langsung tampil di HP.