Rabu, 04 Februari 2015

Menjalankan Web Server Apache PHP MySQL Seperti XAMPP di Android

Menjalankan Web Server Apache PHP MySQL Seperti XAMPP di Android bisa menjadi solusi yang sangat praktis bagi anda para developer dan programmer yang sering harus coding atau mendebug aplikasi web dalam perjalanan memakai piranti mobile androoid berupa handphone atau tablet.

Salah satu aplikasi web server yang sangat bagus adalah Palapa Web Server. Anda bisa menginstall dari Google Play Store pada link berikut ini.

Setelah terinstall anda  bisa menjalankan pada menu berikut ini.






Apabila Server Web telah berjalan akan kelihatan tampilannya menunjukkan semua service telah running.


Setelah itu dapat anda cek lewat browser dengan url http://127.0.0.1:8080/


Sedangkan Server Database MySQL akan berjalan dengan alamat 127.0.0.1 dan dengan port default 3128. Penulis cukup heran ketika mendapati ternyata Palapa Web Server juga memiliki phpmyadmin di dalamnya, tetapi harus diinstall dahulu melalui menu berikut ini.


Setelah terinstall mak kita dapat mengaksesnya dengan url http://127.0.0.1:9999/phpmyadmin, kemudian akan muncul popup login dan password, masukkan username : admin, password : admin. Setelah itu muncul lagi login mysql untuk masuk ke web phpmyadmin :


Masukkan username : root, password : adminadmin, maka akan tampil halaman utama phpmyadmin seperti ini :


Jika sudah memasukkan username dan password dengan benar, Hasilnya :



Jika anda mencari folder http atau www, dapat anda temukan di /sdcard/pws/www. Silakan jika ingin menjalankan web maka letakkan file-filenya di direktori tersebut, kemudian jangan lupa import databasenya menggunakan phpmyadmin.

Perlu menjadi catatan bahwa Palapa Web Server dibuat dgn Lighttpd, bukan Apache, meskipun memiliki kemampuan mirip dan dapat menjalankan php secara lengkap, tetapi ada sedikit perbedaan, misal pada konfigurasinya, bukan berupa httpd.conf, dan salah satu perbedaannya adalah tidak mendukung file .htaccess, tetapi diganti dengan fitur rewrite.

Jika anda tertarik dengan aplikasi ini langsung saja download install dari Google Play di link berikut. Sedangkan link ini khusus arsip koleksi penulis, bukan untuk dibagikan secara umum, hanya dapat didownload oleh penulis sendiri.

Semoga berguna ^_^

11 komentar:

  1. Kok saya gagal terus ya pas masuk ke phpmyadmin nya. Muncul error #2006 cannot login to mySQL server. Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  2. Kok saya gagal terus ya pas masuk ke phpmyadmin nya. Muncul error #2006 cannot login to mySQL server. Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  3. kok saya install di palapa web server,selalu tertera tulisan "install failed with error:unknown professor architecture"

    BalasHapus
  4. kok saya install di palapa web server,selalu tertera tulisan "install failed with error:unknown professor architecture"

    BalasHapus
  5. sama.. saya jg gagal install phpmyadminnya. wtf.. ksi solusi dong gan.

    BalasHapus
  6. kok gak ada folder PWS atau www

    BalasHapus
  7. Modal copas ini mah, solusi kaga ada

    BalasHapus
  8. kalau ane sih mending pake androphp :3

    BalasHapus
  9. Cara sambungan domain ke Palapa web servernya???

    Salam Indoor Playground

    BalasHapus