Sabtu, 02 Januari 2016

Data Mining Metode Fuzzy C-Means Dengan Excel Spreadsheet

Data Mining Metode Fuzzy C-Means Dengan Excel Spreadsheet
Data Mining Metode Fuzzy C-Means Dengan Excel Spreadsheet | Data Mining ini mempunyai kegunaan yang sama dengan Data Mining Metode K-Means, yaitu untuk mengelompokkan atau memilah-milah sekumpulan data menjadi beberapa buah kategori kumpulan data yang sejenis. Misalnya data nasabah atau data konsumen hendak dibagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan sifat yang sama, tetapi mempunyai kriteria yang terlalu beragam, maka Data Mining Metode Fuzzy C-Means dapat membantu mengkelompokkan data tersebut menjadi kelompok data (cluster) sejumlah yang diinginkan. Data Mining Metode Fuzzy C-Means dengan Excel Spreadsheet ini merupakan salah satu metode atau algoritma data mining yang sering dipelajari dan digunakan oleh Mahasiswa di Teknik Informatika dan Komputer.



Teori dan contoh perhitungan Algoritma Data Mining C-Means ini penulis buatkan dalam bentuk Excel / Spreadsheet sehingga mudah dipelajari dan dipahami cara menghitung rumusnya di Formula yang ada di dokumen Microsoft Excel. Untuk teorinya mohon dicari sendiri di Buku atau Referensi di Internet.

Berikut ini tampilan Data Mining dengan Metode Fuzzy C-Means di Spreadsheet Excel:

Data Mining Metode Fuzzy C-Means Dengan Excel Spreadsheet Hasil Perhitungan


File Excel Spreadsheet dalam format Microsoft Excel *.xls bisa didapatkan di http://contohprogram.com, silakan didownload disini, jika membutuhkan implementasi dalam bahasa pemrograman silakan dicari di ContohProgram.com.

Semoga rumus ini bisa dipahami dengan mudah dan berguna bagi yang membutuhkan.

Seperti halnya algoritma Sistem Cerdas dan Data Mining yang lain,penulis tidak bertanggungjawab atas kebenaran rumus atau teori ini, silahkan langsung melihat ke Buku Referensi atau Penemu Rumus Data Mining ini secara langsung.

Disclaimer ON ^_^

3 komentar: