Minggu, 01 Februari 2015

Menginstall Laravel pada XAMPP Secara Offline Tidak Menggunakan Composer dan Artisan

Menginstall Laravel pada XAMPP Secara Offline Tidak Menggunakan Composer dan Artisan biasanya menjadi pilihan jika anda bernasib seperti penulis yang kesulitan menginstall Composer karena beberapa hal, misalnya xampp mempunya versi yg kurang update, atau anda hendak menjalankan di komputer dimana anda tidak memiliki hak administrator, atau anda hendak menginstall laravel di shared hosting dimana anda tidak bolah mengeksekusi composer atau artisan di sana, atau anda akan menjalankan laravel di web server di android misalnya, seperti yang penulis pernah bahas.


Jika anda ingin mendapatkan paket laravel yang sudah cukup lengkap dan update anda bisa dapatkan di website larapack disini. Setelah anda download larapack.zip, seperti biasa extract dan tempatkan di direktori web root, misalnya xampp/htdocs atau wamp/www, dst sesuai aplikasi server yang anda pakai.

Langkah berikutnya adalah mengetes apakah laravel sudah bisa berjalan di komputer anda dengan mengetikkan url berikut ini di browser web, http://127.0.0.1/larapack/public. Hasilnya :



Untuk membuat halaman CRUD (Create Read Update Delete) akan penulis bahas pada halaman berikutnya.

Jika anda gagal mendownload larapack terbaru, penulis mempunyai versi lama yang dapat didownload disini.

Semoga bermanfat.

2 komentar:

  1. terimakasih gan ilmunya... saya ikut belajar,...

    BalasHapus
  2. sudah saya jalankan tidak mau aktiv pak keluar=

    LARAVEL 5
    simplicity is the essence of happiness

    BalasHapus